2. Rangkaian Simulasi[Kembali]
3. Flowchart [Kembali]
4. Listing Program[Kembali]
#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi library LCD
#include <Keypad.h> //Deklarasi library keypad
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 4;
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3', 'A'},
{'4', '5', '6', 'B'},
{'7', '8', '9', 'C'},
{'*', '0', '#', 'D'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7, 6};
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11, 10};
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() {
// Set baris dan kolom LCD lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1, 2);
lcd.setCursor(4, 3);
lcd.setCursor(0, 0);
}
void loop() {
char key = keypad.getKey();
if (key) { lcd.print(key);
}
5. Video Tutorial[Kembali]
6. Analisa[Kembali]
LCD berfungsi untuk menampilkan output dari inputan keypad yang ditekan. Karakter keypad yang akan ditampilkan diprogram di arduino.Kaki analog dari arduino terhubung ke LCD, sedangkan kaki keypad terhubung ke pin i/o arduino. Pada percobaan ini digunakan keypad 4x3, dengan inputan angka 0,1,2,3,4,5,7,8,9 dan karakter *,#. Pada Keypad setiap pin baris dan pin kolom tidak terhubung satu sama lain.Saklar-saklar atau tombol tersebut jika ditekan akan menyebabkan pin baris dan pin kolom terhubung. Ketika S1 di tekan maka S1 akan menghubungkan baris 1 dengan kolom 1, ketika S3 ditekan maka S3 menghubungkan baris 1 dengan kolom 3, ketika S12 ditekan maka S12 menghubungkan baris 3 dengan kolom 4, dan sebagainya. Saat Saklar terhubung,arus mengalir dan menghasilkan logika 1,sehingga karakter tersebut ditampilkan di layar.Oleh sebab itu mikrokontroller harus mendeteksi terhubungnya pin baris dan pin kolom tersebut satupersatu agar tidak terjadi kesalahan pembacaan data.
7. Link Download[Kembali]
Video [Download]
File Rangkaian [Download]
HTML [Download]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar